SEMOGA YANG KALIAN CARI ADA DI SINI YAAAA....
BAAROKALLOHU FIIKUM

Selasa, 02 Februari 2010

BROWNIES KUKUS

Bismillaah....


Udah lama banget penasaran pengen bikin ini cake... qodarulloh cuma bisa ngumpulin resepnya aja, bikinnya ??? tadinya sih ga mau bikin karena peralatan tempurnya ga ada. Maklumlah diriku ini nomaden, jadi males banget punya macem-macem yang bakalan bikin ribet dan merugi nantinya saat diriku pindah. Udah pengalaman tuh dulu di Palopo, beli mahal-mahal, begitu pindah dijualin semua dengan harga banting-bantingan, untung bukan barangnya yang banting-bantingan.
baydeweeeeeee... setelah tingkat "kengileran" terhadap brownies kukus ini sudah diubun-ubun... diriku atur siasat banget nih, gimana caranya ngocok telor supaya ngembang kaku seperti petuah dalam resp yang mau ku praktekin. Modal banyak nih + modal nekat juga, "gagal... gagal deh... namanya juga usaha, kapan bisa kalo takut gagal terus?" hehehe...

Ini kali kedua diriku bikin brownies kukus dengan peralatan tempur sekenannya, pertama kali bikin brownies kukus diriku ngocok telur bukan pake mixer tapi pake shaker, secara diriku ga punya mixerr... hahahaha.... kebayang ga sih ngocok telor pakai itu alat? ayo tebak apa hasilnya ? yang jelas itu telur lebih bagus deh dari telor dadar. Kebayang juga ga sih berapa lama diriku nge-shake itu telor ? 30 menit aja tangan kiri dan kanan udah gempor boooo.... akhirnya.... "boro-boro" itu telor ngembang... tapi tetep nekat masukin aja semua bahan yang harus dimasukkan setelah telor mengembang, gayanya sih ikuti semua tahapan dengan benar.... Alhamdulillaah... jadi juga nih brownies, mungkin kalo pake mixer ini brownies bisa lebih cakep dari ini dan lebih "moist" kali yeee ?

Naahhhhh temans skalian.... resep dan gambar yang diriku upload ini adalah pembuatan browniesku yang kedua kalinya.

Berdasarkan hasil pengamatan dari proses pembuatan brownies kukus pertama kali itu... diriku ambil kesimpulan bahwa :
1. Kapok diriku ngocok pake shaker, tenaga ku ga mencukupi dah buat nge-shake telor-telor tersebut sampai mengembang kaku. Oleh karena itu, diriku coba aja ngocoknya pake "whisker". Apa hasilnya ? Ntar dulu yak...
2. Waktu pembuatan pertama Dark Cooking Chocolate yang ada diresepga diriku pakein, mungkin itu yang bikin brownies kukus ku kurang basah. Oleh karenanya, DCC ku ganti dengan penambahan minyak goreng, dan berhubung lagi diet nih, minyak gorengnya ku ganti dengan minyak zaitun... worthed ga sih ? hehehe..
3. Karena diriku cuma nyoca bikin separuh resep dulu, jadi kayaknya lama ngukusnya juga "kudu" dikurangin kali ya ?

Apa hasilnya ?????? TARRRRRRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA.... jadilah brownies kukus yang lebih moist lebih uenak lebih basah daripada brownies kukus perdanaku....

Percaya deh... jangan nunggu harus lengkap semua peralatan tempur terus baru bisa bikin masakan, duh... itu cuma numpukin kemalasan dalam hidup kita... dengan peralatan yang seadanya kita harus tanamkan dalam diri kita energi positif sehingga bisa kreatif untuk berkreasi dan utamanya kita menjadi istri yang qona'ah terhadap suami, ga perlu nuntut dibelikan macem-macem peralatan tempur canggih, kasihan khan suami sudah lelah bekerja di luar rumah untuk kita dan buah hatinya terus pulang kerumah masih dapat tuntutan dari istri yang macem-macem.
Soooo....Diriku ganti mixer untuk ngocok dengan mixer manual alias whisker, ga perlu pake loyang-loyangan segala, pake aja snack box yang tahan panas bisa juga koq.

Ini nih ku kasih resepnya untuk kalian yang pengen buat...

Bahan :
- 6 butir telur ayam
- 225 gram gula pasir
- Vanili secukupnya
- Garam secukupnya
- 1/2 sdt emulsifier (SP, VX, Ovalet, pilih aja salah satu mana yang ada)
- 125 gram tp. terigu segitiga biru diayak dengan-
- 50 gram coklat bubuk
- 100 gram Dark Cooking Chocolate, lelehkan, campurkan dengan-
- 175 ml minyak goreng
- &5 ml susu kental manis (putih atau coklat terserah aja)

Cara :
1. Kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang (Gunakan speed rendah untuk mencampur kalo sudah tercampur naikan speed baru masukkan emulsifiernya).
2. Setelah mengembang masukkan tepung terigu yang telah diayak dengan coklat bubuk. Aduk perlahan hingga rata.
3. Masukkan campuran minyak dengan coklat leleh. Aduk rata dengan menggunakan spatula (jangan terlalu lama mengaduknya).
4. 1/3 adonan disihkan, berikan Susu Kental Manis, aduk rata.
Adonan yang tanpa Susu Kental Manis dibagi menjadi 2 bagian. Bagian I kukus 10 menit, kemudian tambahkan adonan dengan SKM, kukus lagi 10 menit, terakhir tambahkan adonan sisa tanpa SKM dan kukus selama 20 menit. Angkat.
5. Taburkan meisis selagi hangat. Sajikan.

Catatan :
1. Tutup kukusan jangan lupan diberi lap yang tebal, supaya keringat dari tutup kukusan tersebut ga jatuh ke adonan brownies yang dapat mengakibatkan lapisan atas bronis tidak mulus.
2. masukkan adonan brownies kedalam kukusan yang telah mendidih airnya.

Dan, inilah hasilnya.... Lumayan dari pada beli Rp.50.0000 di Jayapura, modalnya ga sampe segitu... terjamin kualitasnya Insyaa Alloh.

2 komentar:

  1. Hmmm yummy... :)
    Kunjungan balik. Sy Ummu Syifa. Liat gambarnya jadi pengen bikin nih. Sepertinya lezat :D

    O ya, untuk dek Naufal, sy ada link menarik untuk belajar dan bermain. Di http://starfall.com
    Sudah tau belum ya? Kalau belum, bisa dicoba. Syifa juga suka sy putarkan game2 edukasi dari sana :) Selamat belajar ya ;)

    BalasHapus
  2. Jazaakillahu khoir um atas kunjungan baliknya n link web-nya.

    klo anti yang bikin, insyaa Alloh rasanya jauh lebih enak dari yang di atas...

    BalasHapus